RSS

LANGKAP PRAKTIS MEMILIKI TUBUH SEHAT DAN BEBAS LEMAK

25 Nov

Impian banyak wanita sekarang adalah memiliki tubuh langsing dan kencang. Namun, untuk mendapatkan semua itu tidaklah mudah. Tak jarang itu hanya mendatangkan frustasi. Mungkin Anda sudah melakukan banyak cara dari diet mati-matian sampai olah raga ekstra yang membuat pinggang Anda serasa patah, tapi hasilnya nihil.

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai menghilangkan lemak di tubuh, ada baiknya mengenal tubuh sendiri. Jangan menyiksa tubuh Anda dengan perlakukan yang berlebih. Jika demikian, itu berarti Anda belum mengenal tubuh sendiri. Anda tidak mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Maka dari itu Anda harus bersahabat dengan tubuh Anda sendiri, yakni memberi makan tubuh Anda dengan makanan sehat dan berolah raga agar fungsi otot menjadi optimal. Selain itu, lemak pun dapat terbakar dan tubuh Anda terbentuk indah. Bersahabat dengan tubuh, berarti memberikan apa yang dibutuhkan tubuh dan bukan hanya sekedar enak di mulut saja. Tubuh perlu aktivitas fisik yang cukup, karena olah raga adalah jaminan agar tubuh Anda sehat dan bugar.

Meskipun begitu, bukan berarti Anda harus olah raga berlebihan. Menahan diri untuk tidak terus-menerus berolah raga merupakan salah satu bentuk menyayangi tubuh. Tubuh perlu istirahat agar dapat berkembang dan berfungsi optimal, termasuk dalam membakar lemak.

Berikut, ada 18 cara menuju otot yang sempurna dan menghilangkan lemak di tubuh Anda!

WHAT TO EAT

1. Perbanyak makan sayur organik dan buah-buahan!
Sayur-mayur dan buah-buahan adalah makanan yang rendah kalori, mengandung serat, vitamin dan mineral, serta kaya kandungan antioksidan yang melindungi kesehatan Anda. Sayur dan buah-buahan organik ini memiliki banyak nutrisi karena ditanam tanpa bahan-bahan beracun seperti insektisida. Karenanya, Anda bebas makan sayur dan buah-buahan organik tanpa harus membuang kulitnya. Pilihlah produk dalam bentuk segar atau frozen, tapi jauhi produk kalengan yang mengandung pengawet. Sayuran seperti sauerkraut dan kimchee, yang difermentasikan secara natural (lacto-fermented) ini sangat bagus untuk Anda konsumsi.

2. Konsumsilah cukup protein berkualitas seperti daging dan produk hewani lain.
Banyak nutrisi pokok yang hanya ditemukan di makanan hewani dan tidak dapat Anda temukan pada makanan yang lain. Daging, ikan, telur, keju, dan susu merupakan makanan pokok yang sangat penting dalam program diet Anda. Karena sumber protein tersebut, berguna untuk melindungi dan membangun jaringan otot yang kuat. Otot membakar kalori di dalam tubuh Anda!

3. Banyak makan biji-bijian yang diolah dengan baik.
Untuk mengonsumsi biji-bijian, sebaiknya Anda mengolahnya dengan direndam (dibuat seperti bubur kacang hijau-Red), dibuat kecambah (seperti tauge-Red) atau difermentasikan (seperti tempe dan tahu-Red) agar mudah dicerna. Janganlah memakan biji-bijian yang tidak diolah dengan baik karena dapat mengurangi mineral dan menimbulkan masalah pada organ usus Anda.

4. Jangan lupa susu murni untuk program diet Anda.
Susu sapi murni (tanpa diproses, tanpa disejeniskan, tanpa disterilkan) bagi bagi kesehatan tubuh, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Susu murni ini akan menambah kalsium dan nutrisi Anda. Selain itu, juga dapat menolong tubuh menghilangkan lemak yang tidak diinginkan dengan CLA yang terkandung dalam susu murni.

5. More good fats.
Perbanyak makan lemak baik atau “Good Fats” seperti Omega 3, asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam mentega, beberapa jenis ikan (khususnya minyak hati ikan cod), minyak kelapa dan sawit, serta kacang-kacangan. Omega 3 merupakan bentuk lemak yang penting bagi kesehatan karena dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan yang penting dapat membantu tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

WHAT TO AVOID

6. No Junk Carb
Hindari karbohidrat kualitas rendah atau “Junk Carb”, seperti gula dan tepung. Tahukah Anda, bahwa junk carb seperti gula dan tepung dapat menyabotase program diet Anda, meskipun hanya dikonsumsi sedikit. Mulai hari ini, sebaiknya Anda mengganti tepung Anda dengan tepung gandum dan gula Anda dengan porsi kecil pemanis alami seperti madu murni atau organic maple sirup. Jauhi gula jagung yang lebih buruk kualitasnya dibanding gula biasa!

7. Kurangi lemak jahat.
Lemak trans dan minyak yang biasa Anda gunakan untuk memasak itu ternyata memiliki nilai kalori yang tinggi, serta mengandung asam lemak berbahaya, yang dapat menimbulkan penyakit dan obesitas. Agar aman, gunakanlah sedikit saja mentega dan minyak kelapa untuk memasak, atau minyak sehat lainnya seperti flax dan olive oil murni saat Anda membuat salad.

8. Hindari konsumsi makanan kaleng dan makanan berpengawet secara berlebihan.
Tahukah Anda, semakin lama makanan diproses akan sangat tidak bagus untuk kesehatan Anda. Karena pengawetan bahan makanan dapat mengakibatkan kadar vitamin dan gizi yang terdapat di dalam makanan berkurang dan hilang, berganti dengan toksin dan segala sesuatu yang membuat lemak Anda bertambah. Terutama pada makanan kaleng, makanan boks, daging dan keju olahan, yang didalamnya terdapat kandungan jahat seperti MSG, penyedap rasa dan kolesterol, minyak hydrogenated dan lemak trans, gula putih, dan tepung putih, belum lagi tambahan zat pewarna dan pengawet. Lebih baik Anda menggunakan garam laut dan bumbu herbal di dalam masakan, sebagai pengganti garam dan MSG.

9. Kurangi atau hindari alkohol.
Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan kecenderungan tubuh Anda menambah berat badan. Sebaiknya ganti alkohol dengan minuman traditional produksi rumahan yang berfermentasi, rendah alkohol yang baik dikonsumsi dalam porsi moderate.

WHEN, HOW & HOW MUCH TO EAT

10. Kurangi porsi makan secara perlahan.
Untuk mendapatkan tubuh yang sempurna, bukan berarti Anda harus diet ekstrem atau secara mendadak mengurangi porsi makan Anda. Jika demikian, bukan tubuh indah yang Anda dapat melainkan tubuh Anda akan semakin melar karena mengurangi porsi makan, tidak akan membakar kalori Anda. Sebaiknya Anda mengurangi porsi makan secara perlahan, agar tubuh tidak kaget dengan perubahan pola makan Anda dan menjaga tingkat metabolisme Anda tetap optimal.

11.Makanlah dalam porsi kecil.
Dengan porsi yang sedikit, maka makanan akan langsung dirubah menjadi energi dan tidak akan tersimpan sebagai lemak. Sehingga metabolisme tubuh Anda akan berjalan lancar dan pembakaran lemak dapat optimal. Selain itu, dengan porsi yang kecil berarti Anda akan sering makan. Karena setiap Anda makan, metabolisme pembakaran dalam tubuh Anda akan dimulai. Dan jika Anda berhenti makan, maka pembakaran akan terhenti.

12. Berhentilah menghitung kalori!
Tidak semua kalori membuat Anda gemuk, kecuali kalori yang berasal dari gula, tepung putih, makanan siap jadi, dan minyak jahat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menghindari semua kalori dalam asupan makanan Anda, asalkan kalori itu berasal dari makanan yang menyehatkan.

EXERCISE & LIFESTYLE

13. Makanlah dengan teratur.
Jangan gara-gara diet, pola makan Anda menjadi tidak teratur. Dengan melewatkan salah satu waktu makan Anda, akan membuat pola makan Anda menjadi berantakan sehingg nafsu makan Anda jadi makin tidak terkontrol dengan baik.

14. Bergeraklah!
Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang baik, Anda harus beraktivitas menggerakkan anggota tubuh Anda. Dan aktivitas yang baik untuk mengurangi lemak di dalam tubuh Anda, adalah olahraga. Anda harus melakukan latihan untuk membentuk jaringan otot Anda agar lebih kuat dan membakar lemak. Lakukanlah latihan secara rutin dengan frekuensi dan intensitas yang ringan dahulu, agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

15. Hindari stres.
Tahukah Anda, kalau stres itu akan membuat Anda bertambah lapar dan menambah berat bobot tubuh Anda. Untuk itu hindarilah stres, agar program pembentukan tubuh Anda berjalan lancar. Jadilah pribadi yang positif. Dengan selalu berpikiran positif, maka otomatis Anda akan menjadi orang yang pemaaf. Selain itu, selalu berpikir positif juga dapat menjauhkan Anda dari yang namanya stres.

16. Berjemurlah di bawah sinar matahari pagi.
Dengan berjemur di pagi hari, Anda akan mendapatkan Vitamin D secara langsung yang membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh Anda.

17. Sleep well.
Cukupilah waktu tidur dan istirahat yang dapat memulihkan tenaga seusai menjalankan rutinitas dari pagi hingga senja. Tidur yang cukup juga berpengaruh pada proses metabolisme karbohidrat yang sehat.

18. Bertanggung jawab.
Anda adalah orang yang paling bertanggungjawab atas kesehatan Anda pribadi! Kesehatan tubuh Anda merupakan tanggung jawab pribadi, bukan tanggung jawab pasangan Anda, keluarga Anda, dokter Anda, atau koki Anda. Perkaya pengetahuan pribadi akan pengetahuan gaya hidup sehat melalui berbagai wacana dan terapkanlah dengan penuh disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber :

http://www.absindonesia.com/?fuseaction=content.artikel§ion=artikel&id=339

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 November 2012 in KESEHATAN

 

Tag: ,

Terimaksih Atas Kunjungannnya, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar...!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
mufidaharief.com

The greatest WordPress.com site in all the land!

PUTRA PLUMBON JAYA

Sitik Sing Penting Kena Go Seduluran

Diones Aliaski Blog

Just another WordPress.com weblog

Sya3's Blog

Just another WordPress.com site

fathindoagrilestari (FAL)

Just another WordPress.com site

ekoariyanto56

Salam Sukses

agoesspendubayan

HIDUPLAH BUAT ORANG LAIN

anggifebriyanti's Blog

A fine WordPress.com site

Ariful_Anam

Bisnis Online

Windarul's Blog

Just another WordPress.com weblog

SENAM AEROBIC

Tubuh Sehat dan Bugar dengan Aerobic

Kumpulan Puisi

Ingin Menjadi Lebih Baik

PENJAS ORKES

Kenali Diri Sendiri Dulu Sebelum Mengenali Orang Lain

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: