RSS

Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh

30 Agu

AIR KELAPA

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang sangat diminati di Indonesia, selain rasanya yang segar dan manis, ternyata ia juga menyimpan segudang manfaat yang penting untuk tubuh manusia. Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh memang sangat banyak sekali, Umumnya orang-orang mengetahui air kelapa bermanfaat untuk menceggah dehidrasi.

Kandungan Buah Kelapa

  • Vitamin C

  • Asam nikotinat

  • Asam pantotenat

  • biotin

  • riboflavin

  • juga asam folat.

Manfaat Air Kelapa

1. Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa telah digunakan untuk mengatasi dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare dan flu perut. Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah. Dengan demikian air kelapa setelah olahraga akan sangat membantu untuk mengisi cairan tubuh yang hilang.

2. Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kadungan ini memiliki peran signifikan terhadap anti-penuaan dini, anti-karsinogenik dan anti-trombotik yang membantu untuk meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH dan menjaga jaringan kulit.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air ini bisa kita katakan sebagai air super, ia sangat kaya nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin & piridoksin, dan folat. Air kelapa memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuhdan melawan infeksi virus seperti flu.

4. Penyakit Batu Ginjal

Air kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin dan mencegah pembentukan batu ginjal.

5. Baik untuk ibu hamil

Air kelapa merupakan minuman sehat untuk ibu hamil karena dapat meredakan ‘morning sickness’ dan mencegah muntah-muntah. Selain mengandung elektrolit, kalsium, potasium, sodium, air kelapa juga mengandung Vitamin C yang dibutuhkan selama waktu kehamilan.

6. Penting untuk kesehatan kulit

Memiliki jerawat ? dan mencegah terjadinya jerawat pada wajah ? air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang dapat anda usapkan di wajah dan biarkan semalaman. Ia memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat diterapkan pada tangan dan kuku.

7. Baik untuk pencernaan

Air kelapa terdiri dari enzim bioaktif seperti asam folat, fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA polimerase dan sebagainya. Enzim ini membantu untuk mempermudah pencernaan dan metabolisme tubuh. Air juga memiliki lebih mineral seperti kalsium, mangan dan seng seperti buah-buahan termasuk jeruk. Air kelapa juga merupakan sumber dari vitamin B seperti riboflavin, thiamine, pyridoxine, dan folat.

8. Menurunkan berat badan

Air kelapa terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Minuman ini telah dilihat sebagai salah satu cara paling sehat untuk menurunkan berat badan karena merupakan minuman alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun. Air kelapa telah digunakan selama berabad-abad di seluruh dunia untuk menurunkan berat badan dan telah menunjukkan hasil yang positif.

9. Kontrol diabetes

Air kelapa juga membantu untuk mengontrol diabetes. Air kelapa, bila dikonsumsi secara teratur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu untuk melawan aterosklerosis.

10. Antioksidan

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini. Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

11. Kesehatan Kardiovaskular

Penelitian telah menunjukan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah karena ia memiliki kandungan kalium dan asam laurat. Air kelapa juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

12. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Air kelapa  memiliki kandungan seimpang dari elektrolit sehingga dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam tubuh dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Agustus 2017 in KESEHATAN

 

Tag: , ,

Terimaksih Atas Kunjungannnya, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar...!!!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
mufidaharief.com

The greatest WordPress.com site in all the land!

PUTRA PLUMBON JAYA

Sitik Sing Penting Kena Go Seduluran

Diones Aliaski Blog

Just another WordPress.com weblog

Sya3's Blog

Just another WordPress.com site

fathindoagrilestari (FAL)

Just another WordPress.com site

ekoariyanto56

Salam Sukses

agoesspendubayan

HIDUPLAH BUAT ORANG LAIN

anggifebriyanti's Blog

A fine WordPress.com site

Ariful_Anam

Bisnis Online

Windarul's Blog

Just another WordPress.com weblog

SENAM AEROBIC

Tubuh Sehat dan Bugar dengan Aerobic

Kumpulan Puisi

Ingin Menjadi Lebih Baik

PENJAS ORKES

Kenali Diri Sendiri Dulu Sebelum Mengenali Orang Lain

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: