RSS

PENGERTIAN SENAM AEROBIC

25 Nov

Menurut Marta Dinata (2007) senam aerobic adalah serangkaian gerak yang dipilih secara sengaja dengan cara mengikuti irama musik yang dipilih sehingga melahirkan ketentuan ritmis, kuntinuitas dan durasi tertentu.

Senam aerobic adalah suatu susunan gabungan antara rangkaian GERAK dan MUSIK yang sengaja dibuat sehingga muncul keselarasan antara gerakan dan musik tersebut untuk mencapai tujuan tertentu. ( TUBUH SEHAT dan BUGAR )

Pengrtian Aerobic

Aerobic berasal dari kata aero yang berarti oksigen. Jadi aerobic sangatlah erat dengan penggunaan oksigen. Dalam hal ini berarti latihan aerobic adalah latihan yang menggunakan sistem kerja dengan menggunakan oksigen sebagai kerja utama.

OLAHRAGA AEROBIC :

Olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan DENYUT JANTUNG

Olahraga yang berlangsung secara TERUS MENERUS lebih dari empat menit dengan tingkatan rendah termasuk golongan aerobic. Jadi olahraga yang bersifat aerobic bukan hanya senam aerobic, tetapi masih banyak jenis olahraga lainnya, misalnya bersepeda, berenang, jalan cepat, lari lintas alam, lari maraton.

Sejarah Senam Aerobic

Dr. Kenneth Cooper memperkenalkan kebugaran aerobic pada dunia pada tahun 1960-an. Pada tahun 1970-an tarian aerobic menjadi berubah sejak tarian yang populer. Pada saat itu, sekelompok orang mempelajari tarian dalam jangka waktu sekitar enam sampai delapan minggu. Tarian – tarian ini diadakan di gereja , pusat  rekreasi, klub kebugaran dan juga sekolah . Pada era ini, aerobic telah jauh berkembang pesat dan berbeda. Sekarang aerobic bisa dilakukan secara individu dengan menirukan gerakan senam yang terdapat dalam Video Senam Aerobic.

Aerobic yang dilakukan pada saat ini tidak seperti tarian. Pada saat ini, aerobic mempunyai gerakan yang tersusun, tapi penampilannya tidak terpaku pada musik. Sebagai tambahan pula, konsep aerobik ini telah meluas dengan adanya berbagai macam jenis latihan seperti halnya latihan dengan kursi, low impact, high / low impact, step dan juga slide aerobic. Orang – orang telah mengetahui bahwa aerobik menolong mereka berpenampilan lebih baik dan merasa lebih baik dengan mendapatkan kesenangan dan kesehatan.

Sumber : http://senamaerobic.wordpress.com/

Artikel Terkait

Apa manfaat olahraga Anaerobic ?

 
11 Komentar

Ditulis oleh pada 25 November 2012 inci AEROBIC

 

Tag:

11 responses to “PENGERTIAN SENAM AEROBIC

  1. adina

    29 Oktober 2013 at 08:40

    Tahniah, boleh tau tajuk refference yang anda gunakan. terima kasih.

    Suka

     
  2. eka anggi safitri

    17 November 2013 at 13:39

    blognya gabisa dibaca bro. tulisannya kalau bias diedit lagi/ begronnya yang diganti.

    Suka

     
  3. bayu anggara

    20 Januari 2014 at 11:16

    thnks gan atas sedkit infonya,

    oy, agan tahu gk dmna tempat yang jual baju senam murah agar bsa dpake oleh kakak2 saya gan,,,, 😀

    Suka

     
  4. jaelani rahmat

    22 Mei 2014 at 12:18

    “salam kenal gan ….
    klo boleh tau manfaat dari senam ini itu apa aja ya…..???? dan apakah gan tau dmna tempat yg menyediakan baju senam terbaru ???
    tolong infonya ya Gannnnn………..”

    Suka

     
  5. milla rahmah (@milla_rahmah)

    29 Juni 2014 at 07:49

    Selamat Sore. . .bagus sekali artikelnya. . sangat membantu. 🙂 tempat untuk menjual baju senam murah dimana yah? terimakasih.

    Suka

     
  6. cantikbangettttt

    2 Juli 2014 at 08:00

    salam Kenal …..
    reme banget sih…. Numpang nimbrung yaa gpp kan … 🙂
    untuk jeng milla rahmah klo memang mau cari tempat yg menjual baju senam murah + Kwalitas Oke sis coba Klik Link ini saja baju senam Mungkin ada yg cocok
    OKe …. Terima kasih

    Suka

     
  7. Indra

    3 Juli 2014 at 03:03

    Baiknya itu senam berapa kali dalam seminggu ya gan? supaya hasilnya lbih memuaskan gitu :), dan terimakasih untuk cantikbangetttt atas referensi toko baju senam, thx ya 🙂

    Suka

     
    • Penjas Orkes ( Insan Aji Subekti )

      30 Juni 2015 at 13:37

      Indra@ he..3x klo untuk baiknya sebenarnya sesuai kebutuhan masing2, klo satu minggu 1-3 kali itu udah bagus, yang penting kontinyu, karena hasil maksimal tidak bisa didapat dengan instan, klo ada jawaban yg lain, monggo … sapa tau ada master senam yg bisa jawab lebih baik lagi, terimakasih atas kunjunganya ke blog saya…

      Suka

       
  8. asri

    7 Oktober 2014 at 12:56

    lebih bnyakin donk infonya

    Suka

     
    • insanajisubekti

      29 Juni 2015 at 19:23

      Asri@ Siap mba, minta saran dan kritiknya untuk menjadi lebih baik lagi ya… he…3x

      Suka

       
  9. rasyad

    26 Oktober 2014 at 10:41

    good

    Suka

     

Terimaksih Atas Kunjungannnya, Jangan Lupa Tinggalkan Komentar...!!!

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.